Bisnis Perkapalan

Author: AAA Ratna Dewi

Ayu Ratna08

Untuk menjadi Sukses dalam bisnis masing masing orang mempunyai jalan dan kisah sukses yang berbeda beda. Ada yang langsung sukses ada juga yang jatuh bangun bertubi-tubi. Walaupun berbeda kisah dan perjalanannya tetapi wirausahawaan itu mempunyai kesamaan dalam sifat-sifatnya diantaranya: Mampu berhubungan baik dengan orang lain, Rasa percaya diri yang tinggi dan optimis. Itulah beberapa hal yang mendasari – Ben Highlander yang berkutat dengan usaha pembuatan perahu, mulai dari perahu kayu kecil untuk memancing, perahu besar untuk nelayan, perahu angkutan antara pulau, hingga sukses  membuat kapal bertonase besar. Keahliannya di bidang perkapalan yang sudah diperoleh dari menekuni bisnis warisan keluarganya tentu jadi modal meraih sukses. Perjalanan karirnya cukup panjang sebelum menjadi pengusaha dan sebelum bergabung jadi murid Unisyn.

Memang tidak mudah untuk menjadi seorang pengusaha yang bermental kuat dan berdaya saing tinggi. Di situlah peran perguruan Unisyn dalam menempa murid muridnya. Sebab untuk menjadi pengusaha sukses, perjalanan yang ditempuh tidaklah mudah. Perlu kerja keras, strategi, serta kepiawaian dalam melihat peluang bisnis ditengah ketatnya persaingan. Ketekunan dan keuletan merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki oleh seseorang untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Jika semua usaha itu telah dilakukan, tentu takkan pernah ada kata putus asa, tetap bekerja dan bekerja, hingga sukses dapat diraih dan kesuksesan yang impikan akhirnya terwujud.

Di Unisyn diajarkan entrepreneurship spirit antara lain bahwa pengusaha yang hebat itu bukan pengusaha yang di atas saat sukses; melainkan ketika jatuh segera berusaha bangun dan bangkit. Itu baru bagus dan menjadi konsep dasar pelatihan Unisyn: X-over Life Survival Training. Harus bangkit, bagaimanapun harus tetap survive agar terus berjuang menuju sukses.

TAGH atau Tantangan (Challenge), Ancaman (Threat), Gangguan (Disturbance) dan Hambatan (Obstacles) selalu ada dalam kehidupan. Namun terpenting bagi seseorang adalah kemampuan merubah TAGH itu menjadi satu: Tantangan (Challenge) dan menghapus ketiga lainnya. Kesulitan dan kemelaratan seseorang sebetulnya harus dipandang sebagai pendorong untuk menemukan sumber dayanya sendiri menjadi kreatif, inovatif, mengasah jiwa si Entrepreneur itu sedini mungkin.

Unisyn mengajarkan konsep 4P4S (4 Pillars 4 Success) dan di dalamnya ada KSF atau Key Success Factors yaitu:

  1. Dream & Threat
  2. System
  3. Drive Train atau Works (Stamina) dan
  4. The Invisible Mighty Hand.

KSF inilah yang tertanam dalam benak salah seorang operatif Unisyn, Ben Ukwuoma Highlander, yang September tahun 2018 di-recognized sebagai Financial Independent Champion dan September 2019 ini dinominasi mencapai Financial Freedom. Ben berhasil sukses menjadi seorang pengusaha kapal di negaranya – Nigeria berkat bimbingan dari perguruan Unisyn. Direct Coachnya Kelik Sudarto (alm).

Semoga kisah ini bermanfaat untuk motivasi.

24534_1265883244564_4508891_n