Ben Success Story part 4 – End

The advance of technology is based on making it fit in so that you don’t really even notice it, so it’s part of everyday life. – Bill Gates

Image result for kapal perahu otonom picture

Autonom Boat

Itulah quote yang selalu dikutip Coach saya, setiap kali dia melihat saya sedikit menyangkal kehadiran teknologi. Maklum, di Nigeria banyak orang terutama orang asing yang menjuluki negara kami ‘stone aged country’. Lack of technology, begitulah kata lainnya. Pertanyaan pertama saya, kemana produk otonom itu nantinya akan digunakan. Ternyata Coach Kelik sudah melihat jauh ke depan dibanding saya. “ingat kembali sejarah bagaimana Akio Morita mengusulkan Walkman sebelum tahun 1979”. “Kini, bayangkan perahu otonom untuk transportasi barang dan orang. Selain itu, perahu ini dapat mudah dibongkar pasang,” ujar Coach. Unisyn memang komunitas melek teknologi, selalu uptodate.

Proses pencapaian Financial Independent saya menjadi agak tersendat berhubung passive income yang saya terima setiap bulannya harus saya “investasikan” dengan keliling Eropa mengunjungi pameran pameran teknologi sekaligus menjalin kerja sama dengan universitas dan lembaga penelitian. Tahap berikutnya saya kunjungi perusahaan perusahaan di Eropa sebagai calon pembeli produk saya,  perahu yang dapat berlayar sendiri tanpa pelaut (self sailing).

Image result for kapal perahu otonom picture

Program yang dinamakan Roboat ini prototipe kapal ini berhasil dihadirkan pada 2017. Selain membangun perahu otonom, proyek ini bersama beberapa tim peneliti akan mengeksplorasi penciptaan robot pengumpulan data suhu air, kadar garam, dan informasi ekosistem yang akan sulit dan mahal jika dikumpulkan oleh manusia, untuk membantu masalah kesehatan masyarakat. Perahu robot itu dapat mengarungi samudera untuk mengumpulkan data tanpa perlu campur tangan manusia. Tanpa saya duga sebelumnya, peminat perahu otonom ini cukup banyak peminatnya bahkan beberapa pihak menawarkan pemberian dana. Mereka tertarik dengan perahu otonom ini karena praktis mendukung studi dan penelitian. Disamping, harga sewanya menjadi jelas jauh lebih murah dibandingkan menggunakan kapal riset dengan kru manusia.

Image result for kapal perahu otonom picture

Magnet & Optimizer

Magnetisme dilatih dalam Optimizer Pilar 3. Bumi adalah medan magnet alam. Tubuh kita merupakan suatu medan magnet sebagai akibat dari Proses Bio_elektrik dalam tubuh dan segala sesuatu yang kita lakukan termasuk bisnis harus menjadi magnet positif.   Bila keseimbangan terganggu, maka arus dan distribusi dalam sel akan terpengaruh dan hal ini biasanya menjadi akar dari banyak penyakit. Energi elektromagnetik merupakan bagian integral tubuh manusia.

Dunia juga dikelilingi oleh medan magnet: beberapa dihasilkan oleh magnet bumi, yang lain oleh badai matahari dan perubahan cuaca. 

Kyoichi Nakagawa, MD, telah menunjukkan bahwa medan magnet bumi telah berkurang setengah dari tahun ke tahun 500 terakhir. Teknologi modern menyerap medan magnet bumi dan menyebabkan kehilangan kekuatan gauss.

Latihan Optimizer membangkitkan kembali Energi elektromagnetik dalam tubuh manusia dan juga segala sesuatu di sekitar kita termasuk bisnis kita!

Kita tidak akan menarik besi untuk berbisnis, tetapi medan magnet dapat  digunakan untuk merepresentasikan kegiatan MENARIK target pelanggan/calon pembeli! Optimizer adalah jurus jitu agar rezeki mendekat kepada kita. Istilahnya kita menjadi magnet bagi uang. Pilar 3 melatih tubuh dan sekeliling kita menjadi Money Magnet sedangkan Latihan Pilar 4 dilatih banyak cara yang dianjurkan oleh agama, agar harta memiliki keberkahan dengan memperbanyak sedekah, banyak berbagi kepada keluarga dan orang lain yang berhak menerimanya.

Image result for money magnet

Superior Coach, Ayu Ratna mengungkapkan bahwa kaya dan miskin tergantung dari mindset seseorang. Orang yang memiliki mindset berkelimpahan menganggap bahwa Tuhan telah menyediakan segalanya berupa kesuksesan, kekayaan, energi positif, kebahagiaan dan lain sebagainya. Seseorang yang merasa kekurangan, demikian dijelaskan Dr Ayu Ratna, didenifiniskan sebagai orang yang memiliki Scarcity Mindset, yaitu orang yang merasa serba kekurangan, atau di Unisyn dikenal istilah Poor Mentality. Dalam latihan Optimizer salah satu jurusnya adalah afirmasi dalam dirinya sendiri agar uang menghampirinya. Afirmasi sudah lama diyakini menjadi alat yang sederhana namun memiliki kekuatan yang dahsat untuk mempengaruhi dan mengubah kehidupan dan nasib manusia.

Jurus Marketing

Dalam RDBMS saya harus datangi berbagai instansi pemerintah atau swasta selain calon pelanggan dan supplier; macam-macam. ‎Disamping membangun relasi sekaligus membangun kepercayaan. Trust Building, yang penting bagaimana agar orang percaya pada saya, dan saya dapat kesempatan yang cukup. Harga diri saya saya taruh di bawah kolong meja. Apa pun saya lakukan. Saya memasarkan mesin kapal motor milik saya dari satu tempat ke tempat lain. Ketekunan saya menambah banyak daftar pelanggan pembeli mesin kapal motor saya.

Disamping melakukan Marketing dengan jurus ampuh Unisyn – RDBMS, saya juga jalankan Digital Marketing. Coach Kelik selalu berpesan: kamu tidak boleh takut gagal untuk mencapai kesuksesan. Faktor pentingnya pertama, harus mengetahui caranya. Kedua, rencanakan. Ketiga, Eksekusi. Keempat, kembangkan dan eksplorasi segala percobaan yang sudah dilakukan. Kelima, jadilah bagian dari masa depan!

Dialam Digital Marketing 3 hal tahapan yang dilakukan:

  1. Lead Magnet
  2. Tripwire 
  3. Core Offer 

Image result for lead magnet

Kata kunci dari Lead Magnet adalah GRATIS! Tanpa kompromi! Contohnya dengan penawaran produk gratis, diharapkan dapat membuat calon pelanggan untuk mencari tahu lebih lanjut: “Apa yang ditawarkan?”, “Siapa yang menawarkan?”, dan “Bagaimana cara mendapatkannya?”.

Setelah mendapatkan penawaran gratis ini, mereka harus memberikan kontribusi berupa kontak diri mereka seperti alamat email, Id Line, no. wa atau informasi kontak dari media-media lainnya. Dari sini kita dapat memanfaatkan informasi untuk kepentingan penawaran lebih jauh lagi.

Tahap berikutnya adalah Tripwire, maksud sebenarnya adalah membuat lead menjadi customer dengan membuat penawaran yang low-cost, kemudian mendapat kesempatan untuk melakukan upsell ketika mereka sudah berada dalam sales funnel Anda.

Image result for lead magnet

Setelah Tripwire di tahap berikut inilah target pelanggan baru mendapatkan tawaran yang menjadi objektif utama atau yang disebut sebagai Core Offer. Pelanggan yang sudah mendapatkan penawaran yang memanjakan diri mereka lebih siap untuk mengeluarkan lebih banyak pengeluaran untuk mendapatkan sesuatu yang lebih! 

 Tahapan tahapan ini seperti sebuah corong (Funnel), tidak seperti hard selling dimana kita secara langsung menawarkan produk utama. Tetapi, dengan cara memanjakan target pelanggan terlebih dahulu, berpeluang mendapatkan lebih banyak tranksaksi!

Image result for tripwire

Dari penempaan latihan Optimizer di Unisyn membuat “feeling” saya menjadi peka dalam berbagai hal, termasuk membaca peluang bisnis. Misalnya saya perhatikan ada juga banyak orang tak mampu membeli tongkang. Saya pun mensiasati peluang ini untuk menyewakan Tongkang. Bisnis jual beli tongkang bekas justru menjadi usaha sampingan dengan 10 pekerja. Saya bertekad keras untuk membuktikan kepada ayah bahwa melalui Unisyn saya mampu menjadi kaya tanpa bantuan ayah.

Bulau Agustus 2018 atau sebulan sebelum FI recognition, saya menyelesaikan kuliah Master saya di Port Harcourt Universiy. Thanks Lord.

Image may contain: 3 people, people standing and suit

Setelah mencapai Financial Independent di September 2018, amat banggalah saya. Di situ saya menghargai betul pikiran cerdas dan usaha gigih itu mahal, dengan sendirinya wajib dihargai mahal. Saya berencana setelah capai tahap berikitnya: Financial Freedom saya akan mengundurkan diri dari perusahaan ini. Karyawan saya waktu saya sampaikan rencana ini mereka keberatan. Orang orang bilang saya gila. Orangtua saya juga menyayangkan kenapa saya keluar dari perusahaan. Orang tua saya menangis. Saya bilang bahwa saya mundur bukan karena benci tetapi saya mundur sebagai bentuk ingin saya berkembang. Di Unisyn masih akan banyak yang harus saya lakukan agar membuat diri saya berguna bagi alam semesta.
Dalam sukses, banyak orang punya peran. ‎Tapi kalau jujur bahwa yang menginspirasi dan mengarahkan saya untuk sukses adalah alm Coach Kelik. Beliau rajin menasehati meski selalu dari kejauhan, “Ketekunan dan keuletan merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki oleh seseorang untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Jika semua usaha itu telah dilakukan, tentu takkan pernah ada kata putus asa, tetap bekerja dan bekerja, hingga sukses dapat diraih dan kesuksesan yang impikan akhirnya terwujud”. Coach Kelik dan saya hanya ketemu 6 bulan sekali, apakah beliau ke Nigeria atau saya terbang ke Indonesia.

  • Coach Kelik,
    • I and my family believe that eventhoough you  depart from this earth, never truly leave, for you are still alive in our hearts, through us, you  live on.