Traffic

  • Abdel Hussein Ramadhan)
  • Joined: 2001
  • Coach: Zizette Mahmoud
  • Financial Independent 2010
  • Financial Freedom 2014
  • Time Freedom 2016
  • Economically Free 2019

Translated by: Sri Rachmawati

Tulisan ini saya buat atas permintaan dari Infinity untuk menjelaskan ilustrasi bisnis Unisyn ways.

Di awal saya berlatih di Unisyn sebagai siswa pemula saya banyak bertanya kepada Coach saya Zizette Mahmoud apa bagaimana dan segala sesuatu hal tentang bisnis dibawah bimbingan perguruan ini. Coach Zizette sangat sabar dan teliti menjelaskannya kepada saya.

Zizette Mahmoud


Bicara mengenai bisnis di perguruan ini di zaman sekarang banyak faktor online sangat dominan dan ini tentunya tidak terlepas dari internet marketing atau pemasaran dengan media internet. Secara simpelnya internet marketing bisa dikatakan sebagai cara berpromosi. Bisa dikatakan tidak mungkin sebuah bisnis online bisa sukses tanpa mengaplikasikan internet marketing ke dalamnya. Sebenarnya cukup sulit menjelaskan internet marketing dalam Bahasa Indonesia, karena istilah-istilahnya semua dalam Bahasa Inggris.
Di dunia Unisyn, bisnis digital diibaratkan ada banyak pemudik yang jutaan jumlahnya dengan menggunakan mobil sebagai contohnya. Sudah tentu dalam dunia nyata juga banyak pemudik menggunakan moda transportasi lain seperti kereta api, pesawat terbang, kapal laut hingga sepeda motor. Tapi dalam ilustrasi kali ini sengaja hanya dicontohkan mobil saja. Mobil mobil yang mudik anggaplah mereka hanya akan menggunakan jalur jalan tol, mereka akan masuk gerbang tol. Seluruh kendaraan yang masih di luar gerbang tol menunggu antrian masuk kita pandang sebagai Relasi atau Kenalan kita dari RDBMS. Banyaknya Relasi adalah Jumlah calon pengguna yang akan mengakses jalan tol dan ini akan nantinya pengaruhi kecepatan akses. Saat pengguna mengakses dilakukan secara bersamaan, kecepatan akses akan turun. Ini sering terjadi pada jam kerja atau jam sibuk atau bulan mudik, tentunya.
Selanjutnya, sebelum mendatangkan traffic mengumpulkan semua Relasi di luar gerbang tol itu menuju website (Gerbang Tol) anda, di digital marketing kita perlu membuat landing page. Mendatangkan traffic tanpa memiliki landing page sama artinya dengan mengundang orang datang ke rumah tanpa kursi dan meja, atau mendaratkan pesawat tanpa runway.
Landing page jika diterjemahkan secara langsung berarti halaman pendaratan, artinya halaman di website anda dimana pengunjung berdatangan atau dimana anda mengirim pengunjung tersebut. Istilah landing page lebih sering diartikan sebagai halaman dimana kita memancing calon customer atau klien untuk melakukan pembelian. Misalkan saya ingin menjual suatu alat musik Keyboard Korg di website, maka saya membuat satu halaman yang didedikasikan untuk menjelaskan produk ini dan mengapa orang harus membelinya.
Di setiap akhir landing page biasanya ada componen yang disebut call-to-action (CTA). Contoh dari CTA adalah tombol untuk membeli, “Buy Now”, atau tombol untuk mendaftar, “Sign Up”.
Membuat landing page yang baik membutuhkan kemampuan menulis persuasif yang baik karena kita harus meyakinkan calon customer untuk action atau mengambil tindakan.
Traffic yang tepat sasaran
Traffic diartikan sebagai mobil mobil yang datang masuk ke gerbang tol setelah tap e-toll. Kembali anggaplah Gerbang Tol adalah landing page anda. Mobil mobil yang melintas di dalam jalan tol itulah Buyers anda. Traffic datang dari berbagai tempat di internet, ada yang datang dari search engine, Facebook, Twitter, YouTube, forum, atau website lainnya. Sama dalam RDBMS. Anda akan dapatkan traffic melalui metode Taprooting atau prospecting dan termasuk via media sosial. Biasanya semakin besar traffic yang datang, semakin besar pula potensi pendapatan anda. Walaupun ini tidak selalu benar.
Ada pengguna jalan tol yang begitu masuk gerbang ada yang bergegas mencari pintu keluar lagi demi melihat padatnya atau macetnya jalan tol atau berhentik sejenak untuk istirahat dulu. Sama saja, tidak semua orang yang datang ke website anda punya level ketertarikan yang sama. Ada orang yang sangat tertarik sehingga mereka langsung membeli produk yang anda jual, ada pula yang langsung keluar. Tugas anda sebagai pemilik bisnis ini adalah mendatangkan traffic yang tertarik dengan produk anda, bukan sekedar traffic yang numpang lewat.
Mendatangkan traffic yang tertarget atau yang tepat sasaran, itulah tujuan utama dari internet marketing.
Sebelum kita lanjutkan ada baiknya dibahas dulu bagaimana cara mendapatkan traffic.
Traffic atau pengunjung, tidak serta merta datang begitu saja ke website anda setelah anda selesai membangun website dan landing page. Andalah yang harus menjemput pengunjung tersebut. Secara umum, ada 2 cara mendapatkan traffic. Melalui media gratis dan media berbayar. Media gratis berarti kita tidak memerlukan biaya langsung untuk memberitahu keberadaan kita kepada orang lain. Saya sebut ‘biaya langsung’ karena anda mungkin saja masih membutuhkan biaya untuk menunjang. Contoh media gratis adalah search engine, social network dan forum, dan email list. Sebaliknya, media berbayar berarti kita mengeluarkan biaya langsung untuk mempromosikan website, dalam bentuk iklan. Ada beberapa bentuk iklan yang bisa kita manfaatkan, yang terpopuler adalah PPC (Pay per Click) dimana kita membayar untuk setiap kali iklan kita di-klik. Jaringan iklan PPC paling populer yaitu Google AdWords dan Facebook Ads. Unisyn mengajarkan murid muridnya melakukan Teknik-teknik pemasaran untuk mendatangkan traffic yang sering disebut dengan Inbound Marketing. Ada banyak lagi ilmu marketing yang diajarkan di Unisyn untuk mendatangkan Traffic. Murid disadarkan (awareness) bahwa memdapatkan traffic itu ibarat kita sedang menjaring ikan dan ikan ikan ini akan ‘terjaring’ dengan adanya iklan. Jadi iklan menjaring ikan. Kita dalam artikel ini sengaja tidak membahas ‘penjaringan’ itu. Kita tahu bahwa statistik menunjukkan bahwa rata-rata website pengunjung lebih dari 70% datang dari search engine Google. Tapi kita hanya bahas Traffic.
Begitu banyak kendaraan masuk melalui Gerbang Tol, kita ini bagaikan pemilik jalan tol, tugas kita harus kelola kelancaran jalannya agar jangan sampai terjadi kemacetan. Kita sipemilik bisnis ibarat laptop atau komputer; bisa menjadi penyebab cepat atau lambatnya kecepatan akses. Jika salah satu perangkat tersebut termasuk BO (Back Officers) punya kecepatan rendah maka pengaruh kecepatan akses menjadi lambat. Gerbang tol itu adalah petugas kita (BO) yang bertugas serah terima barang dagangan dengan petugas pengirim dan ibarat modem, merupakan faktor utama yang mempengaruhi kecepatan akses. Semakin banyak pintu gerbang yang dibuka kecepatan akses akan semakin cepat. Setelah barang dagangan kita serahkan, kita berharap akan terkirim dengan cepat, lancar tanpa cacat barang. Memang itu sudah di luar kendali kita. Kita pastikan permukaan jalannya halus mulus, tidak hujan atau banjir. Selama jumlah customer kita lambat pertambahannya atau parahnya itu itu saja memang kita tak pernah disibukkan oleh traffic. Tetapi begitu traffic membludak maka perlu arus dalam “ruas jalan tol” kita pikirkan sebaik baiknya. Misalnya Bandwidth, kendaraan yang digunakan. Akan datang mungkin tidak lagi cuma digunakan sepeda motor atau mobil melainkan moda transportasi lainnya. Sebab besarnya bandwidth atau moda transportasi dapat mempengaruhi kecepatan akses.
Selanjutnya banyaknya “ruas jalan tol” banyak berpengaruh. Bandingkan saja misalkan ada 10 juta mobil pemudik dalam waktu bersamaan ingin gunakan jalan tol itu dan ruas yang dibuka hanya 1 jalur; bandingkan jika ada 4 jalur dibuka bersamaan. Faktor ini menjadi bagian dalam Jaringan Komunikasi.

Social Media Optimization
Dalam mengikuti perkembangan zaman, siswa Unisyn sudah dibiasakan dalam RDBMS menggunakan mesin pencari (Search Engine) juga social media juga merupakan tempat yang bagus sebagai media memperkenalkan bisnis online. Walaupun social media untuk saat ini hanya optimal untuk beberapa segmen pasar, tetapi penting juga untuk mengoptimasi website di social media. Dulunya sekitar 20 tahun lalu di era murid Unisyn generasi pertama murid muridnya masih menggalang pembangunan Relasi melalui SMS dan Email List untuk mendatangkan orang baru dan memperkenalkan bisnis kepada orang lain; meskipun email list sedikit berbeda tujuannya karena lebih untuk mengundang orang yang sudah pernah berkunjung untuk datang kembali. Akan tetapi meski zaman sudah berubah kami tetap disarankan agar setiap bisnis online seharusnya memiliki email list dikarenakan Email list adalah cara terbaik untuk membangun interaksi dengan customer sehingga mereka tidak lupa dengan keberadaan anda dan hubungan positif tetap terjalin. Juga dengan email list, anda bisa menginformasikan konten baru kepada subscriber secara otomatis maupun manual.
Demikianlah, waktu berubah cara dan strategipun berubah sesuai konsep Unisyn: Always stay updated with the latest technology, yet ensure retain best tradition